Senin, 01 Agustus 2016

Drama Seri Descendants of the Sun Berakhir, Ini 10 Faktanya!

AddThis Sharing Button

Foto: KBS World

Kamis malam, 14 April, KBS2 menayangkan episode terakhir Descendants of the Sun (Dots)—yang ratingnya meraih angka tertinggi yaitu 38,8%. Akhirnya, penggemar pun bisa melihat kisah cinta Yoo Shi-jin (Song Joong-ki) dan Kang Mo-yeon (Song Hye-kyo) berakhir bahagia. Drama ini nggak hanya meninggalkan kesan mendalam di hati para penggemar, tapi juga kejadian-kejadian unik di beberapa negara. Simak 10 fakta Dots yang Femina rangkum dari beberapa sumber….

1.    Virus Dots memang dahsyat. Penduduk Korea Utara, yang dilarang menonton drama Korea Selatan, ternyata juga mulai ‘terjangkit’. Koran Korea Selatan Kyunghyang Shimmun melaporkan kalau sudah banyak warga Korut yang tergila-gila Dots. Soalnya, nih, mereka sudah dibekali dengan smartphone dan koneksi internet. Hasilnya, mereka bisa menonton online.

2.    Dots rencananya akan tayang di Vietnam dalam waktu dekat di stasiun TV HTV2. Namun, Asia Times mengungkapkan kalau Dots menimbulkan kontroversi. Tran Quang Thi, reporter media lokal, menulis di akun Facebook pribadinya tentang peran serta tentara Korea Selatan yang pernah membantu AS di Perang Vietnam sehingga banyak warga sipil menjadi korban. Menurutnya, jika para korban masih hidup dan menonton drama Korea ini, hati mereka akan hancur. Postingan Tran ini menimbulkan perdebatan antara sesama warga Vietnam. Sebagian warga pun menganggap kalau menonton Dots adalah sebuah pilihan.   

3.    Masih dari Asia Times, kabarnya hak siar Dots sudah dijual ke 32 negara, termasuk Jepang, Australia, dan beberapa negara Eropa. Konon, harga hak siar Dots di Tiongkok per episodenya mencapai 2,6 miliar rupiah. Sedangkan di Jepang, biaya hak siar per episodenya ‘hanya’ 1,3 miliar rupiah.

4.    Di Tiongkok, pemerintah menghimbau warganya untuk tidak menonton Dots karena dianggap dapat merusak rumah tangga. Di bulan Maret lalu, seorang suami kesal karena istrinya terlalu memuja Song Joong-ki. Dalam keadaan mabuk, dia pun pergi ke studio foto dan minta pemiliknya agar memotret dia dengan hasil foto dirinya seperti Song Joong-ki. Akhirnya, pemilik toko meneleon polisi.

5.    Lain Tiongkok, lain Thailand. Prayut Chan-ocha, Perdana Menteri Thailand, justru memuji Dots karena menggambarkan patriotisme dan sikap tentara yang mau berkorban demi negara. Dia pun mengajak warganya untuk menonton Dots dan berniat mengundang Song Joong-ki ke negaranya.

6.    Song Joong-ki ternyata bukanlah pilihan utama Lee Eung-buk, produser Dots, untuk memerankan Kapten Yoo Shi-jin. Mereka tidak mempertimbangkan Song Joong-ki karena sosoknya jauh dari image macho seperti yang di bayangan asli penulis. “Namun saat itu, kebetulan sekali Song Joong-ki baru selesai wajib militer. Saat membaca skripnya, dia pun ternyata menyukainya. Bukan hanya karena ketampanannya, tapi saya rasa kepribadiannya yang baik yang sukses menjerat hati para penonton,” ujarnya kepada Xinhua News Agency.

7.    Sebagian besar syuting Dots berlangsung di beberapa lokasi di Yunani. Gara-gara drama ini, banyak fans yang berencana jalan-jalan ke Zakynthos untuk melihat lokasi syuting drama ini.

8.    Barak militer Korea di Dots yang digambarkan berlokasi di negara fiksi Uruk, sebenarnya berlokasi di Taebak, provinsi Gangwon, Korea Selatan. Karena popularitas drama ini, kontruksi set film ini rencananya akan dibangun kembali untuk memuaskan rasa penasaran penggemar Dots, sekaligus menjadikannya sebagai kota wisata.

9.    Setelah penayangan episode akhir, Song Joong-ki melalui manajemennya, Blossom Entertainment, mengungkapkan perasaannya. “Halo, ini Song Joong-ki. Saya menerima banyak cinta karena Descendants of the Sun dan saya ingin mengucapkan terima kasih. Descendants of the Sun merupakan proyek yang penting. Ini drama pertama saya setelah keluar wamil. Saya pun bekerja dengan tim produksi dan aktor maupun artis yang hebat. Jadi, saya menjalankan syuting yang menyenangkan. Yoo Shi-jin, meski dia sosok yang sering bercanda, sesungguhnya sangat serius saat bekerja. Oleh karena itu, saya sempat khawatir apakah dapat membawakan karakternya dengan baik. Akhirnya, Descendants of the Sun mencapai episode terakhir setelah kerja keras tim. Sejujurnya saya juga merasa sayang. Untuk semua orang dan yang bersama kami, dan memberikan cinta untuk Descendants of the Sun, plus aktor dan artisnya, sekali lagi saya ucapkan terima kasih.”

10.    Meski drama seri Dots sudah berakhir, akan ada tiga episode spesial di KBS2, yang masing-masing berdurasi 70 menit. Episode spesial yang akan tayang pada tanggal 20-22 April mendatang ini akan menayangkan adegan-adegan utama, highlights, dan behind the scenes. Nantinya, episode ini akan ada spesial segmen yang merupakan epilog kisah Shi-jin dan Mo-yeon, plus kisah pasangan Myung-ju dan Dae-young. Jadi, masih yang nggak bisa move on, wajib menonton, nih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar